About Me

header ads

Perbedaan Komunikasi Sinkron dan Asinkron

Perbedaan Komunikasi Sinkron dan Asinkron

sumber : garudacyber


- Komunikasi Daring Sinkron ( secara langsung )

Sinkron adalah komunikasi yang menggunakan perangkat komputer atau smartphone dimana kedua pengguna tersebut dalam keadaan online ( secara langsung ). Contohnya seperti video call. 

Komunikasi melalui video call bisa dilakukan jika si komunikator dengan penerima dalam keadaan sama - sama online. Dari sana dapat kita simpulkan bahwa komunikasi ini disebut dengan komunikasi Daring Sinkron.

Contoh Komunikasi Daring Sinkron

- Text Chat
Text Chat adalah fitur yang saat ini banyak disediakan oleh media sosial. Komunikator dapat langsung mengirim pesan kepada orang lain sedang online dan si penerima tersebut dapat membalas pesan teks tersebut.

- Video Chat
Video Chat adalah teknologi layanan yang menyediakan interaksi audio dan video secara online antara pengguna di lokasi yang berbeda. Video Chatting dapat berupa interaksi point to point ( satu -satu ), seperti Face Time dan Skype, atau interaksi multipoint ( satu ke banyak atau banyak ke banyak ), seperti dalam Google+ Hangouts.

- Komunikasi Daring Asinkron ( secara tertunda )

Asinkron adalah komunikasi yang menggunakan perangkat komputer atau smartphone dimana salah satu penggunanya dalam keadaan offline. 

Begini maksudnya, misalnya Anda mengirim pesan melalui Email. Setelah Anda mengirimkannya, belum tentu si penerima tersebut langsung membalasnya. Mungkin besok atau beberapa menit baru dibalasnya atau melihat pesan yang Anda kirimkan tersebut.

Dari contoh yang di atas bisa kita simpulkan bahwa komunikasi ini disebut dengan komunikasi Daring Asinkron atau komunikasi yang dilakukan secara tertunda.

Contoh komunikasi daring asinkron yang lainnya adalah menulis dalam sebuah blog atau website, meninggalkan komentar pada sebuah forum dan lain-lainnya.

- Komponen Pendukung Komunikasi Daring

1. Hardware ( perangkat keras )
 Hardware adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dirasakan yang digunakan dalam komunikasi daring, seperti komputer,smartphone,headset.microphone.

2. Software ( perangkat lunak )
Software adalah perangkat lunak pendukung dalam berkomunikasi secara online yang menghubungkan pengguna dengan hardware. Aplikasi yang biasa digunakan seperti Skype, web conference, Google+ Hangouts, dan sejenisnya.

3. Brainware ( pelakunya )
Brainware adalah orang yang melakukan komunikasi harus menggunakan daya nalar untuk melakukan komunikasi daring.

Post a Comment

0 Comments